invoker21
- Back to Home »
- Perbedaan fakta dan opini
Posted by : mypenaindonesia.blogspot.com
Jumat, 07 Oktober 2016
بِسْمِ اللهِ الّرحْمنِ الّرحِيْمِ
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk agar memiliki atau memenuhi permintaan di dalam iklan tersebut. Ada bermacam-macam jenis iklan, misalnya iklan baris, iklan kolom dan iklan keluarga. Iklan dapat kita temukan di media cetak (koran majalah, buletin) maupun di media elektronika (radio televisi).
Biasanya, bahasa dalam iklan mengandung Fakta dan Opini.
1. Fakta
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan (Asli). Fakta mencakup Identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan & sarana penggunaan secara lengkap.
Ciri-ciri kalimat fakta adalah :
- Memiliki data yang akurat misalnya tanggal, tempat ,waktu kejadian.
- Dapat dan sudah dibuktikan kebenarannya.
- Bersifat obyektif (apa adanya dan tidak dibuat-buat) yang dilengkapi dengan data berupa keterangan atau angka yang menggambarkan keadaan.
- Biasanya dapat menjawab pertanyaan: apa, siapa, di mana, kapan, berapa dengan jawaban yang pasti.
- Sering kali menggunakan kutipan dari berbagai sumber sebagai penguat argumen.
2. Opini
Opini adalah kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Opini dalam iklan tidak boleh di lebih-lebihkan. Opini dalam iklan harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk dan ciri bahasanya Persuasif. Ciri-ciri kalimat opini antara lain sebagai berikut :
- Kebenarannya belum pasti, ditandai dengan penggunaan kata-kata seperti mungkin, barangkali, bisa jadi, seandanya , jika, seumpama, kira-kira, dan sebagainya.
- Bersifat subyektif dan dilengkapi uraian tentang pendapat, saran, atau ramalan tentang sebab dan akibat terjadinya peristiwa.
- Berisi tanggapan terhadap peristiwa yang terjadi, berisi jawaban atas pertanyaan: mengapa, bagaimana, atau lalu apa.
- Menunjukkan peristiwa yang belum atau akan tejadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana).
Berikut contoh fakta dan opini dalam iklan :
Sumber : www.materikelas.com
Berdasarkan iklan di atas, dapat ditemukan kalimat-kalimat yang termasuk
fakta dan opini. Fakta dalam teks iklan di atas terdapat pada kalimat
berikut.
"Mengandung urang-aring dan ekstrak ginseng yang membuat rambut anda bersih berkilau."
Kalimat tersebut dikatakan fakta karena shampoo tersebut memang mengandung urang-aring dan ekstrak ginseng yang akan membuat rambut bersih dan berkilau
Sedangkan opini dalam teks iklan tersebut adalah sebagai berikut
"Membuat anda tampil lebih percaya diri dan membuat rambut berkilau seperti berlian."
Kalimat diatas adalah sebuah opini karena kepercayaan diri seseorang tergantung dirinya dan kalimat rambut berkilau seperti berlian adalah pendapat dari shampoo tersebut untuk menarik minat pembeli.
sekian hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Sekian Terima Kasih
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu.
